Entri Populer

Sabtu, 27 November 2010

Indahnya Teluk Palu

Keindahan Nirwana di Kawasan Teluk Palu

Metrogaya-Kawasan Teluk Palu  berada di Palu Timur sekitar 2 km dari pusat Kota Palu.Keindahan benar-benar membuai setiap wisatawan yang mendatanginya. Tak salah jika kawsan ini menjadi salah satu objek wisata primadona di Palu.

Keindahan Teluk Palu sungguh masih perawan, sayang ketenarannya sepertinya masih malu-malu diungkapkan oleh warga Palu.Padahal untuk mencapai lokasi Teluk Palu tidak terlalu sulit. Apalagi sudah ada jalan penghubung dan sebuah jembatan Palu 4 yang dibangun tepat di hadapan Teluk Palu pada Mei 2006 yang menghubungkan Kecamatan Palu Timur dan Palu Barat, dan diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jembatan ini pun menjadi aset wisata tersendiri dan bisa menjadi kebanggaan warga Kota Palu mengingat jembatan lengkung pertama di Indonesia, dan ketiga di dunia setelah Jepang dan Prancis.

Keberadaan Jembatan Palu 4 menambah indahnya pemandangan Teluk Palu pada malam hari. Apalagi kalau sedang berada di atas jembatan dan melihat ke langit ketika ada pesawat melintasi Teluk Palu, suasananya begitu menyenangkan. Belum lagi dari atas jembatan terlihat jelas gambaran teluk yang ditandai dengan sinar-sinar lampu penerang. Lampu-lampu perahu nelayan bergerak-gerak di tengah teluk karena diempas gelombang terlihat begitu indah.

Seiring dengan tetap tegaknya Jembatan Palu 4, pembangunan di kawasan sekitar teluk mulai meningkat. Hal itu ditandai dengan berdirinya hotel-hotel, tempat hiburan, dan restoran yang tiap malam tak henti-hentinya dipadati pengunjung.

Pemerintah Kota Palu pun mencoba mempertahankan keberadaan nelayan tradisional dengan memberikan ruang bagi pedagang ikan sepanjang seratus meter di kawasan itu. Keberadaan nelayan tradisional itu meramaikan suasana malam, pagi, dan siang harinya. Ini pun kemudian menjadi salah satu pilihan objek wisata di kawasan Teluk Palu.

Pantai Talise
Selain bisa menikmati kehidupan nelayan, Anda bersama keluarga bisa berenang di Pantai Talise. Pantai itu berada di ujung Teluk Palu. Pantai itu membentang dari Kota Palu hingga Kabupaten Donggala. Karena letaknya berada di kota, pantai ini ramai dikunjungi warga Palu, terutama pada malam hari. Pantai Talise menjadi tempat wisata malam. Warga dapat menikmati keindahan Teluk Palu yang berbatasan dengan Selat Makassar itu.

Kota Palu memang sangat indah. Tidak mengherankan bila kota ini dikenal dengan julukan Kota Tiga Dimensi karena ada Teluk Palu yang indah, dikelilingi pegunungan, dan dilengkapi dengan sebuah sungai panjang yang membelah kota. Sungai ini adalah muara dari Danau Lindu di Taman Nasional Lore Lindu. Untuk lebih mempercantik kawasan wisata Teluk Palu, Pemerintah Kota Palu memberikan paluang bagi investor untuk menanamkan modalnya bagi pengembangan kawasan itu. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Kota Palu Sudaryano Lamangkona.

Ia mengatakan pihaknya memberikan ruang bagi investor lokal dan asing untuk berinvestasi. Investasi di kota ini sangat menguntungkan mengingat Kota Palu berpenduduk 268.322 jiwa dan kawasan Teluk Palu merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah dengan luasan 395,06 km2 atau 39.506 hektare yang terdiri empat kecamatan dan 43 kelurahan.

Dia mengakui saat ini masih banyak potensi alam di sekitar Kota Palu belum dikelola dengan maksimal, terutama pada sektor pariwisata. Dia berharap berkembangnya potensi wisata di Kota Palu akan memberikan dampak positif kepada perekonomian warga Palu dan sekitarnya. Apalagi akomodasi dan transportasi sudah tersedia di Kota Palu, pembangunan dan tingkat hunian hotel-hotel terus tumbuh.Jumlah kunjungan wisatawan diperkirakan akan terus meningkat mengingat dalam waktu dekat ini maskapai Garuda Airlines akan membuka rute penerbangan ke Palu.
(yc/mediaindonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar